Pesantren Al-Fatah Adakan Pelatihan Guru TPQ se-Kabupaten Purbalingga

Purbalingga – Pesantren Al-Fatah Purbalingga mengadakan pelatihan guru TPQ dan Rumah Qur’an se-Kabupaten Purbalinga. Acara ini diadakan di komplek Pondok Pesantren Al-Fatah Purbalingga dan akan berlangsung selama tiga kali pertemuan, pertemuan pertama pada Kamis, 1 Muharram 1439 H / 21 September 2017 M, dan akan berlanjut pada pertemuan kedua dan ketiga.

Acara yang diisi oleh Ustadz Lukmanul Hakim, S.Pd.I ini diikuti oleh lebih dari 35 guru TPQ dan Rumah Qur’an se-Kabupaten Purbalingga.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pengajar TPQ dengan metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif serta sebagai bentuk usaha meningkatkan kualitas dan mutu para guru TPQ, khususnya yang berada di wilayah Purbalingga. Metode yang diajarkan pada pelatihan ini adalah metode Ummi. (alfatahpurbalingga.com)

TPQ Al-Amin Lamuk Purbalingga Adakan Sanlat Ramadhan 1438 H

SANLAT Al-Amin 1438 H

AlfatahPurbalingga.com – Purbalingga. TPQ Al-Amin Lamuk, Purbalingga kembali menggelar Pesantren Kilat (SANLAT) Ramadhan 1438 H. Acara ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 18 hingga 22 Juni 2017 di TPQ Al-Amin Lamuk, Purbalingga. Ini merupakan SANLAT ke-2 yang pernah diadakan oleh TPQ Al-Amin.

Ketua Panitia SANLAT Imam Jamal Sodik mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian guru-guru TPQ, khususnya yang berada di Desa Lamuk dan Bandingan, Purbalingga, untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, terutama anak-anak di Desa Lamuk dan sekitarnya,” kata Imam JS, Selasa (20/6).

Ia menuturkan bahwa ia bersama beberapa alumni Al-Fatah Maos sudah merencanakan kegiatan itu jauh-jauh hari, agar berjalan lancar dan sukses.

“Insya Allah kami akan berusaha untuk memberikan apa yang telah kami dapatkan, khususnya dari pesantren tempat dulu kami belajar,” tuturnya.

SANLAT Ramadhan 1438 H, lanjut Imam JS, diikuti oleh hampir 100 peserta usia PAUD, SD, SLTP dan SLTA. Kebanyakan pematerinya adalah alumni Al-Fatah Maos.

Diantara pematerinya adalah Lukmanul Hakim, S.pd.I; Imam Jamal Sodik, S.Pd.I; Bangun Setiyo Aji, S.Pd.I; Gesang Tri Waluyan, S.H; Isna Suryani, S.Pd.I; Lasti Twenty Mart, S.Pd.I; Tyas Suci Widadi; Sofiyatul Munawaroh dan Lilis.

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya penguatan aqidah Islamiyah, fiqih ibadah, adab, akhlak, Al-Qur’an, sejarah, serta motivasi. Sebelum acara penutupan, diisi dengan berbagai lomba dan buka bersama.

Setelah mengikuti acara ini diharapkan anak-anak lebih senang untuk belajar Al-Qur’an, sehingga TPQ yang terdekat dengan rumah mereka tidak lagi sepi dari kegiatan keislaman. (AlfatahPurbalingga.com)